PARADIGMA INTEGRATIF STEM-Q DAN PROJECT-BASED LEARNING DALAM PENGUATAN LITERASI SAINTIFIK-QUR’ANI
DOI:
https://doi.org/10.64834/aisyah.v3i1.37Keywords:
STEM-Q, Project-Based Learning, Literasi Saintifik-Qur’aniAbstract
Paradigma integratif dalam pendidikan Islam kontemporer menuntut penyatuan antara ilmu-ilmu empirik (kauniyah) dan nilai-nilai wahyu (syar’iyah). Pendekatan STEM-Q (Science, Technology, Engineering, Mathematics, dan Qur’an) lahir dari kritik terhadap model pendidikan yang memisahkan antara sains dan spiritualitas. Sementara itu, Project-Based Learning (PBL) menjadi respons pedagogis terhadap tantangan abad ke-21, seperti lemahnya literasi saintifik dan keterampilan berpikir kritis siswa. Namun demikian, secara faktual, di banyak institusi pendidikan Islam, integrasi antara keduanya masih sebatas wacana normatif dan belum membentuk desain kurikulum yang sistemik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) konsep pendekatan STEM-Q dalam pembelajaran di Alhazen School Bintaro; (2) internalisasi model PBL dalam penguatan keterampilan abad ke-21 siswa; dan (3) tantangan serta strategi guru dalam mengintegrasikan STEM-Q dan PBL ke dalam kurikulum di Alhazen School Bintaro. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi situs, melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, konsep STEM-Q di Alhazen dirumuskan sebagai paradigma pembelajaran yang berbasis tauhid, dengan pendekatan saintifik yang bernilai Qur’ani; kedua, PBL diinternalisasikan melalui pembelajaran tematik yang mendorong keterlibatan emosional, spiritual, dan sosial siswa dalam proyek nyata; dan ketiga, tantangan integrasi terletak pada keterbatasan literasi pedagogis guru serta resistensi terhadap kurikulum formal, namun diatasi melalui penguatan komunitas belajar dan pelatihan berbasis nilai. Temuan ini menegaskan urgensi penyatuan visi antara pengelola, guru, dan kurikulum untuk menguatkan literasi saintifik-Qur’ani secara berkelanjutan
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Edi Suwanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





