PARADIGMA INTEGRATIF STEM-Q DAN PROJECT-BASED LEARNING DALAM PENGUATAN LITERASI SAINTIFIK-QUR’ANI

Authors

  • Edi Suwanto STAI Publisistik Thawalib Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.64834/aisyah.v3i1.37

Keywords:

STEM-Q, Project-Based Learning, Literasi Saintifik-Qur’ani

Abstract

Paradigma integratif dalam pendidikan Islam kontemporer menuntut penyatuan antara ilmu-ilmu empirik (kauniyah) dan nilai-nilai wahyu (syar’iyah). Pendekatan STEM-Q (Science, Technology, Engineering, Mathematics, dan Qur’an) lahir dari kritik terhadap model pendidikan yang memisahkan antara sains dan spiritualitas. Sementara itu, Project-Based Learning (PBL) menjadi respons pedagogis terhadap tantangan abad ke-21, seperti lemahnya literasi saintifik dan keterampilan berpikir kritis siswa. Namun demikian, secara faktual, di banyak institusi pendidikan Islam, integrasi antara keduanya masih sebatas wacana normatif dan belum membentuk desain kurikulum yang sistemik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) konsep pendekatan STEM-Q dalam pembelajaran di Alhazen School Bintaro; (2) internalisasi model PBL dalam penguatan keterampilan abad ke-21 siswa; dan (3) tantangan serta strategi guru dalam mengintegrasikan STEM-Q dan PBL ke dalam kurikulum di Alhazen School Bintaro. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi situs, melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, konsep STEM-Q di Alhazen dirumuskan sebagai paradigma pembelajaran yang berbasis tauhid, dengan pendekatan saintifik yang bernilai Qur’ani; kedua, PBL diinternalisasikan melalui pembelajaran tematik yang mendorong keterlibatan emosional, spiritual, dan sosial siswa dalam proyek nyata; dan ketiga, tantangan integrasi terletak pada keterbatasan literasi pedagogis guru serta resistensi terhadap kurikulum formal, namun diatasi melalui penguatan komunitas belajar dan pelatihan berbasis nilai. Temuan ini menegaskan urgensi penyatuan visi antara pengelola, guru, dan kurikulum untuk menguatkan literasi saintifik-Qur’ani secara berkelanjutan

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-07-22

How to Cite

PARADIGMA INTEGRATIF STEM-Q DAN PROJECT-BASED LEARNING DALAM PENGUATAN LITERASI SAINTIFIK-QUR’ANI. (2025). Aisyah Journal of Intellectual Research in Islamic Studies, 3(1), 27-40. https://doi.org/10.64834/aisyah.v3i1.37

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)