HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWI MAHAD AISYAH BINTI ABU BAKAR ANGKATAN 2020
Keywords:
Gaya Belajar, Prestasi BelajarAbstract
Gaya belajar adalah kombinasi dari bagaimana seseorang menyerap, dan kemudian mengatur, serta mengolah informasi. Pentingnya memahami gaya belajar seseorang terletak pada fakta bahwa setiap individu akan mengasimilasi dan memahami informasi dengan cara yang berbeda. Ketika metode pengajaran disesuaikan dengan gaya belajar mahasiswa, mereka cenderung lebih terlibat dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan pemahaman serta prestasi akademik mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan gaya belajar dengan pretasi belajar Mahasiswi Mahad Aisyah binti Abu Bakar angkatan 2020. Penelitian adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan korelasional. Subjek penelitian ini adalah mahasiswi angkatan 2020 Mahad Aisyah binti Abu Bakar dengan jumlah 30 mahasiswi dari total 53 mahasiswi. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian lembar kuesioner yang diberikan kepada mahasiswi berupa pertanyaan dengan jumlah total 14 item untuk mengukur gaya belajar mahasiswi. Adapun data untuk variabel prestasi belajar didapatkan dari nilai IPS (Indeks Prestasi Semester) semester 6 mahasiswi Mahad Aisyah binti Abu Bakar Angkatan 2020. Hasil data menyatakan adanya hubungan positif antara gaya belajar visual dan kinestetik dengan prestasi belajar mahasiswi dengan korelasi yang sedang untuk gaya belajar visual dan korelasi yang sempurna untuk gaya belajar kinestetik. Adapun hubungan gaya belajar auditori dengan prestasi belajar mahasiswi ditemukan memiliki hubungan negatif dengan korelasi yang lemah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya hubungan atau korelasi yang signifikan antara gaya belajar visual dan kinestetik dengan prestasi belajar mahasiswi Mahad Aisyah binti Abu Bakar angkatan 2020. Adapun hubungan antara gaya belajar auditori dan prestasi belajar mahasiswi Mahad Aisyah binti Abu Bakar angkatan 2020 tidak ditemukan adanya korelasi yang signifikan antara keduanya.