ATMOSFER SUNNAH NABI MUHAMMAD ﷺ DALAM PEMBELAJARAN SEBAGAI IDENTITAS SEKOLAH ISLAMI DI ALHAZEN SCHOOL BINTARO

Authors

  • Irfan Kuncoro STAI Publisistik Thawalib Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.64834/aisyah.v3i1.38

Keywords:

Sunnah Atmosfer, Nilai Internalisasi, Identitas Sekolah

Abstract

Pendidikan Islam di era modern menghadapi tantangan dalam menjaga kemurnian nilai-nilai sunnah Nabi Muhammad ﷺ di tengah penetrasi budaya populer dan sistem pendidikan sekuler. Sebagian kalangan menilai bahwa pembelajaran Islami cukup dengan kurikulum agama formal, namun pendekatan lain menekankan pentingnya membangun atmosfer sunnah yang menyeluruh, terutama di jenjang pendidikan dasar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi karakteristik nilai-nilai sunnah dalam konteks lembaga pendidikan Islam dasar, (2) menganalisis proses internalisasi nilai-nilai sunnah Nabi Muhammad ﷺ dalam pembelajaran di Alhazen School Bintaro, dan (3) menjelaskan bagaimana atmosfer sunnah membentuk identitas keislaman sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam dengan guru dan kepala sekolah, serta analisis dokumen pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai sunnah yang diinternalisasikan meliputi adab guru, etika murid, budaya salam, keteladanan, dan pembiasaan dzikir. Proses internalisasi berlangsung melalui pembiasaan, keteladanan, dan pendekatan ruhiyah dalam kelas. Secara menyeluruh, atmosfer sunnah yang dibangun berhasil memperkuat identitas sekolah sebagai lembaga pendidikan Islam yang holistik dan berkarakter. Studi ini menegaskan pentingnya membangun suasana belajar yang bercirikan sunnah sebagai elemen utama pendidikan Islami modern.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-07-26

How to Cite

ATMOSFER SUNNAH NABI MUHAMMAD ﷺ DALAM PEMBELAJARAN SEBAGAI IDENTITAS SEKOLAH ISLAMI DI ALHAZEN SCHOOL BINTARO. (2025). Aisyah Journal of Intellectual Research in Islamic Studies, 3(1), 41-54. https://doi.org/10.64834/aisyah.v3i1.38

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.