PEMIKIRAN PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF IBNU KHALDUN

Authors

  • Dewi Indrawati STAI Fatahillah Serpong
  • Condro Sujalmo STAI Fatahillah Serpong
  • Ahmad Fadila STAI Fatahillah Serpong

Keywords:

Ibnu Khaldun, pemikiran pendidikan, pendidikan Islam

Abstract

Artikel ini membahas pemikiran pendidikan Ibnu Khaldun, seorang tokoh terkemuka dalam sejarah intelektual Islam yang lahir di Tunisia pada tahun 1332 M. Ia dikenal melalui karya monumentalnya, Muqaddimah, yang menjadi rujukan penting dalam bidang sejarah, sosiologi, dan pendidikan. Pemikiran pendidikan Ibnu Khaldun menekankan peran strategis pendidik, pentingnya pendekatan yang sesuai dengan perkembangan intelektual peserta didik, serta perlunya keseimbangan antara pendidikan agama dan duniawi. Ia juga menolak metode pengajaran yang bersifat kekerasan. Artikel ini bertujuan mengulas kontribusi dan relevansi pemikiran Ibnu Khaldun dalam konteks pendidikan Islam modern, serta mengkaji kritik terhadap kekurangan dalam aspek metodologis dan filosofis dari teorinya. Hasil kajian menunjukkan bahwa meskipun terdapat kelemahan, pemikiran Ibnu Khaldun tetap relevan untuk pengembangan konsep pendidikan yang humanis dan adaptif terhadap perubahan sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-07-25

How to Cite

PEMIKIRAN PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF IBNU KHALDUN. (2025). Aisyah Journal of Intellectual Research in Islamic Studies, 3(1), 15-26. https://journal.mahadaisyah.id/index.php/aisyah/article/view/32

Share

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.